Translate

Rabu, 08 November 2017

11 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk Purut untuk Kesehatan

Jeruk merupakan buah yang sangat banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C. kandungan serat dan nutrisi yang terdapat dalam jeruk memang sangatlah baik untuk kesehatan. Macam-macam jeruk yang sering Kita temui antara lain jeruk ponkam, jeruk limau, jeruk Sunkist, jeruk lemon, dan jeruk purut. Dari berbagai macam jeruk tersebut, yang paling khas adalah jeruk purut. Hal ini dikarenakan kulit jeruk purut memiliki tekstur bergelombang.
Jeruk purut merupakan jeruk yang paling sering digunakan daunnya untuk bumbu masak. Namun, masih sangat sedikit orang yang memanfaatkan kulit jeruk purut yang bergelombang karena citarasanya yang pahit.







Padahal, jika Anda jeli, kulit jeruk purut ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan digadang-gadang sebagai obat alami untuk kanker. Berikut ini informasi terkait manfaat kulit jeruk yang memiliki tekstur tebal dan bergelombang ini untuk kesehatan.

1. Kaya Akan Kandungan Sitrat

 Manfaat kulit jeruk purut tak lepas dari kandungan di dalamnya. Salah satu kandungan tersebut adalah sitrat yang berfungsi untuk mengawetkan makanan. Cara ini cenderung lebih aman dibandingkan menggunakan bahan kimia. Terlebih, aroma jeruk purut juga cukup sedap jika dicampurkan dalam olahan masakan.

2. Menghilangkan Jerawat

Khasiat kulit jeruk purut lainnya adalah sebagai penghilang jerawat. Kandungan di dalamnya mampu membersihkan minyak dan kotoran penyumbat pori. Tak hanya itu, antioksidan yang ada pada kulit jenis ini juga mampu mengobati peradangan yang timbul akibat jerawat.

3. Menambah Cita Rasa Masakan

Jika Anda pecinta kuliner pedas, pasti tak akan asing dengan sambal jeruk. Sambal yang satu ini memanfaatkan kulit jeruk purut untuk menambahkan aroma. Tak hanya itu, kandungan di dalamnya juga mampu mencegah perut terasa panas karena mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas.

4. Menenangkan Pikiran

Terkadang tuntutan pekerjaan membuat tubuh menjadi lelah dan pikiran menjadi kacau. Untuk menyegarkan tubuh kembali, cobalah untuk bersantai sambil menikmati teh jeruk purut. Cukup campurkan irisan kulit jeruk purut dalam teh yang Anda konsumsi. Aroma yang dihasilkan akan berpadu dengan efek kafein yang menenangkan sehingga pikiran akan menjadi lebih rileks setelahnya.

5. Menyembuhkan Influenza

Influenza atau lebih dikenal dengan flu memang sangatlah mengganggu. Untuk mengurangi rasa sakit yang sekaligus menyembuhkan, Anda dapat menggunakan khasiat dari kulit jeruk purut. Caranya sangat mudah sekali, buah jeruk purut sekaligus bagian kulitnya dibelah jadi empat bagian. Kemudian air hangat dicampur madu, lalu masukkan potongan buah tadi. Tunggu beberapa menit, kemudian minum agar tubuh kembali fit dan segar pastinya. Kini Anda tak usah bingung kalau sedang flu.

6. Meredakan Batuk

Batuk memang bukan penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, batuk bisa merusak aktivitas jika tak segera diobati. Salah satu cara ampuh untuk mengobati penyakit yang seringkali menyertai flu ini adalah dengan menggunakan kulit jeruk purut. Cara menggunakannya sama dengan cara mengolah jeruk purut sebagai obat flu.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Karena kaya akan vitamin C, kulit jeruk purut dapat digunakan untuk sebagai penjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh memang harus kuat agar bisa menjalankan beragam aktivitas. Aktivitas padat memang menguras energi, sehingga harus segera diatasi dengan banyak vitamin. Selain jeruk purut, manfaat kulit buah lainnya seperti jeruk lemon, jeruk nipis pun juga dapat memberikan manfaat yang sama.

8. Mencegah Rambut Ketombe

Rambut yang ketombean tentu sangatlah mengganggu. Agar ketombe tidak lagi merusak penampilan, Anda dapat memakai kulit jeruk purut untuk menggosok kulit kepala. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

9. Mencegah Rambut Rontok

Efek dari obat ketombe biasanya akan membuat rambut kering dan rontok. Namun, tidak demikian jika Anda menggunakan kulit jeruk purut. Selain mengurangi ketombe, menggosokkan kulit jeruk jenis ini pada kulit kepala juga mampu melembabkan sekaligus menguatkan akar rambut.

10. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering memang terkadang membuat Kita kurang percaya diri. Masalah jenis ini akan semakin meningkat jika Anda hidup di daerah tropis seperti Indonesia.
Nah, agar kulit tetap lembab bebas sisik meski cuaca sedang terik, Anda bisa mengambil manfaat kulit jeruk purut sebagai solusinya. Cukup oleskan kulit jeruk ke bagian kulit yang kering secara rutin. Beberapa hari kemudian, kulit akan lembab dan halus. Selain mudah, cara ini sangat murah tanpa harus menguras isi kantong Anda.

11. Lulur Tubuh

Selain dapat mengatasi kulit yang kering, kulit jeruk purut dapat digunakan sebagai  lulur tubuh. Caranya adalah dengan dicampur daun kemuning dan temu giring. Kemudian semuanya dihaluskan dan dicampur dengan beras yang sudah direndam air. Pakailah sebagai lulur tubuh untuk menghaluskan sekaligus mencerahkan kulit. Cukup pakai satu bulan sekali, jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi.

 Itulah tadi beberapa manfaat kulit jeruk purut bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Untuk pemakaian jangka panjang, seperti untuk teh atau aroma terapi, Anda bisa mengiris tipis kulit jeruk ini dan menjemurnya hingga kering.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail