Translate

Rabu, 08 November 2017

4 Manfaat dan Khasiat Kulit Sukun untuk Kesehatan

Pasti sudah banyak dari Anda yang mengetahui tanaman sukun. Tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis ini memiliki pohon tinggi menjulang. Ditinjau dari karakteristiknya, kulit sukun terlihat seperti buah nangka, hanya saja bentuknya lebih bulat dan lebih renggang serta halus. Pohon dan buahnya akan mengeluarkan getah putih susu jika dilukai. Sedangkan bagian daunnya nampak lebar, kokoh dan memiliki permukaan mengkilap.
Ciri lain dari tanaman sukun adalah bagian dalam buah yang berongga menyerupai roti ketika sudah masak. Oleh karena itu, orang Eropa mengenal buah yang satu ini dengan sebutan buah roti.
Sukun juga dikenal dengan nama timbu, kulur (daerah Sunda), kulu (daerah Aceh), kalawi (daerah Minang). Buah sukun merupakan salah satu sumber karbohidrat yang tinggi bisa digunakan sebagai cemilan pengganjal perut, bahkan di beberapa daerah digunakan sebagai alternatif pengganti beras.




Selain diolah sebagai camilan dengan cara direbus atau digoreng, sukun ternyata juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Daun sukun dipercaya mampu menyembuhkan aneka penyakit seperti penyakit hati, pembengkakan limpa, penyakit ginjal, penyakit jantung, sakit gigi, menurunkan kolesterol, mengobati gatal-gatal dan masih banyak lagi.
Pada bagian akarnya dapat mencegah penyakit malaria, menangkal sel kanker epidermis dan payudara, dan juga bisa digunakan sebagai obat anti biotik. Pada bagian buahnya dapat menurunkan kadar gula dalam darah manusia sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Bagian bunga berguna untuk meringankan sakit gigi caranya dengan membakar bunga hingga menjadi arang, kemudian arangnya dioleskan pada gigi atau gusi yang sakit. Bahkan getahnya juga memiliki khasiat, getah pohon sukun dipercaya dapat mengobati penyakit kulit dan diare. Di bidang lain, Getahnya juga memiliki manfaat lain yaitu digunakan sebagai lem dan bahan baku pembuatan permen karet.
Selain daun, bunga, buah, getah, dan akarnya, kulit sukun juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang tak kalah hebatnya. Kulit batang sukun dapat mengobati aneka penyakit seperti luka lambung, malaria, mengencerkan darah dan bahkan mengobati kanker payudara.

1. Mengatasi luka pada lambung

Khasiat kulit sukun yang pertama adalah untuk mengatasi luka pada lambung. Kulit batang sukun dapat membantu mengatasi luka pada lambung karena sifatnya yang anti radang. Cara mengkonsumsinya adalah  dengan membersihkan terlebih dahulu kulit pohon ini kemudian jemur di sinar matahari hingga kering, setelah kering potong kecil-kecil dan rebus ke dalam air sebanyak empat gelas tunggu hingga air dalam panci hanya tersisa sekitar dua gelas. Konsumsi air hasil rebusan secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Membunuh sel-sel kanker payudara

Manfaat kulit sukun yang sangat menakjubkan adalah sebagai pembasmi kanker payudara. Jika biasanya kanker yang lebih rentan dialami wanita ini diobati dengan kemoterapi atau tindakan bedah, kini penyakit ini juga dapat disembuhkan dengan kulit batang sukun. Caranya, cukup konsumsi air rebusan batang pohon ini secara rutin 3 kali dalam sehari.

3. Dapat membantu mengencerkan darah

Proses pengenceran darah sangat berguna bagi wanita selepas melahirkan. Selain mempercepat masa nifas, pengenceran darah juga berguna untuk mencegah sakit perut ketika proses pembersihan rahim.
Jika Anda ingin masa nifas cepat selesai dan berlangsung dengan nyaman, cobalah mengkonsumsi kulit sukun. Caranya tetap sama, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan kulit batang sukun selama darah masih keluar.

4. Mengobati Malaria

Jika sebelumnya manfaat kulit sukun bisa diambil dari kulit batangnya, kali ini manfaat menakjubkan bisa diambil dari kulit akarnya. Pada kulit akar sukun mengandung senyawa flavon yang bermanfaat untuk kesehatan seperti cycloarticarpin, artocarpin, chaplashin dari inti akar dan morusin curaflavone B, cycloartobiloxanthone, artonin, cudraflavone C, dan artobiloxanthone. Dari kesembilan senyawa tersebut delapan diantaranya memiliki aktifitas antiplasmodial, yaitu mampu mengusir parasit penyebab penyakit malaria plasmodium falciporum.


Di bidang lain kulit batang sukun juga memiliki manfaat yaitu serat yang ada pada kulit kayu bagian dalam dapat digunakan sebagai bahan baku atau material serat pakaian. Bahkan di Malaysia serat kulit ini digunakan sebagai mode pakaian. Sedangkan di kawasan Polynesia kulit batang sukun digunakan sebagai bahan pakaian tradisional. Biasanya serat yang digunakan dalam bidang ini adalah serat kulit yang masih muda atau bagian rantingnya.
Meski manfaat kulit sukun bagi kesehatan sangat besar, Anda perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Pasalnya, tak semua obat herbal itu aman. Terkadang, ada pula obat herbal yang memiliki efek kontradiksi terhadap obat atau penyakit komplikasi yang diderita.
Tidak hanya kulit batang sukun saja yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh ketika dikonsumsi, masih banyak kulit lain yang juga memiliki khasiat untuk kesehatan kita yang tidak boleh anda lewatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail