Translate

Rabu, 08 November 2017

15 Manfaat dan Khasiat Kulit Jambu Mete untuk Kesehatan

Jambu mete (Anacardium occidentale L) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di Indonesia. Kulit jambu mete mirip dengan jambu darsono, hanya saja pada bagian bawahnya terdapat buah semu yang meringkuk seperti monyet. Karena alasan ini pula lah, jambu mete juga dikenal sebagai jambu monyet.
Produk dari pohon mete pada umumnya dikemas dalam bentuk kacang mete kupas dan gelondongan mete. Sedangkan daging buahnya biasanya dikonsumsi secara langsung atau dijadikan campuran rujak.
Seperti buah lainnya, seluruh bagian dari buah jambu mete pasti memiliki khasiat dan manfaat. Mulai dari daging buah, biji, pohon, daun, bahkan kulit jambu mete yang biasanya kita buang dan abaikan begitu saja sebagai sampah.








Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kulit jambu mete. Sama seperti kulit buah lainnya, ada begitu banyak yang orang tidak ketahui tentang manfaat yang akan kita peroleh apabila kita mengolahnya menjadi hal yang berguna.

1. Obat kumur untuk sariawan

Orang Brazil dan Zimbabwe biasanya menggunakan kulit atau dinding buah jambu mede yang semu untuk mengatasi sariawan dengan cara berkumur. Pertama, rebus dahulu kulit biji mete dengan air hingga mendidih. Buang bagian yang berbuih dan gunakan cairan beningnya untuk berkumur.

2. Anti Diabetes

Kandungan yang terdapat pada jambu mete ternyata dapat digunakan sebagai anti diabetes. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan adanya penelitian ilmiah yang diuji cobakan pada tikus. Kandungan biflavonoid-C-glycoside yang terdapat dalam cangkang kulit bijinya sangat bermanfaat untuk penyembuhan diabetes.

3. Mengompres kaki yang melepuh

Meski dapat menyebabkan reaksi alergi berupa rasa gatal dan lepuhan kecil, kulit jambu mete sebenarnya menghasilkan minyak yang dapat mengobati luka melepuh . Caranya cukup mudah, yaitu giling buah beserta kulitnya hingga keluar cairan minyak, oleskan cairan tersebut pada bagian tubuh Anda yang melepuh. Gunakan secara rutin sampai keluhan Anda mulai memudar dan menghilang dengan sendirinya. Tidak ada efek samping dari pemakaian minyak dari kulit jambu mete tersebut.

4. Mengobati Radang Mulut

selain kulit biji mete, kulit pohon mete ternyata juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mulut. Kandungan asam galat dan asam anakardat di dalamnya memberikan efek anti inflamasi sehingga mengurangi rasa sakit akibat radang mulut.

5. Mengurangi Pembengkakan

Khasiat kulit jambu mete selanjutnya adalah untuk mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan. Caranya, cukup rebut kulit pohon mete hingga mendidih. Biarkan air rebusan hingga hangat dan gunakan untuk mengompres area yang membengkak.

6. Mengobati diare

Manfaat kulit jambu mete lainnya adalah untuk mengobati diare. Caranya masih sama, yaitu rebus kulit batang mete hingga mendidih. Setelah itu, saring dan minum 2 kali sehari hingga diare sembuh.

7. Menyehatkan mata

Sama seperti halnya daun sirih, kulit pohon jambu mete juga dapat menyehatkan mata. Hanya saja, penggunaannya tidak dengan cara dibasuhkan, melainkan meminum air rebusannya secara rutin.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Memakan makanan manis dan telau banyak karbohidrat akan berimbas pada naiknya kadar gula darah. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda bisa mencoba mengkonsumsi air rebusan kulit pohon jambu mete secara teratur.

9. Mengobati asma

Khasiat kulit mete yang tak kalah menggiurkan adalah sebagai obat asma. Caranya, minum air rebusan batang mete yang dicampur dengan madu. Minum selagi hangat untuk melegakan pernafasan dan mencegah asma kambuh.

10. Mencegah serangan jantung

Kulit jambu mete memiliki efek melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, meminum air rebusan kulit jamu mete dapat menurunkan tekanan darah sekaligus menegah serangan jantung.


Selain 10 manfaat yang diulas sebelumnya, kulit pohon atau pegagan jambu mete juga memiliki manfaat lain yang menakjubkan.

5 Manfaat dan Khasiat Kulit Jambu Mete Lainnya

11. Mengobati disentri
12. Mengatasi pegal linu
13. Mengobati konstipasi
14. Mengontrol tekanan darah
15. Mencegah anemia
Selain memiliki manfat bagi kesehatan, kulit jambu mete juga dapat digunakan sebagai bahan minyak bakar. Kulit biji mete dapat diolah menjadi minyak CNSL. Minyak jenis ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai oli, bahan bakar, bahan campuran cat, pelapis anti karat, pelarut kimia atau perekat kayu. Jika diolah dengan cara yang benar, kulit mete juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami.
Nah, itu tadi pemaparan dari manfaat dan khasiat dari kulit jambu mete yang selam ini Kita pandang sebagai limbah. Cukup mudah dan murah bukan? Apalagi tumbuhan ini banyak dijumpai di daerah tropis khususnya di Indonesia.
Selain kulit jambu mete, sebenarnya masih ada kulit jenis lain yang sangat sayang jika dibuang begitu saja. Jadi, mulai sekarang lebih jeli dan gali lebih banyak informasi mengenai barang yang ada di sekitar kita. Terkadang, apa yang dianggap remeh justru bisa menjadi sumber pengobatan yang tak terduga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail