Translate

Kamis, 02 November 2017

Aneka Khasiat Daun Pandan

Daun pandan merupakan daun tunggal duduk dengan pangkal memeluk batang dan biasanya tersusun tiga helai pada batang secara spiral. Manfaat Pandan biasa digunakan sebagai bahan pewangi dan pewarna alami untuk makanan. Adapun khasiat daun pandan untuk kesehatan sangat banyak manfaatnya.

Khasiat Daun Pandan

Wangi harus yang dikeluarkan daun pandan membuat daunnya sering digunakan menjadi bahan pembuatan minyak wangi. Daun pandan berwujud daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang dan tersusun tiga helai pada batang secara spiral, jika diremas daun pandan dapat mengeluarkan wangi yang harum. Selain sebagai bumbu masakan, daun pandan juga ada beberapa khasiatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Khasiat daun pandan untuk kecantikan adalah sebagai bahan penghilang ketombe, sama seperti lidah buaya. Caranya adalah: cuci bersih 5 lembar daun pandan, potong-potong kecil lalu ditumbuk hingga halus, gunakan hasil tumbukan daun pandan tersebut untuk diusap usapkan dikulit kepala secara teratur.
 Khasiat daun pandan lainnya adalah sebagai obat rematik/reumatik. Cara mengolah khasiat daun pandan untuk sakit rematik adalah: sediakan 3 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong tipis. Seduh irisan daun dengan setengah cangkir minyak kelapa sambil diaduk secara merata, gunakan sebagai obat gosok setelah ramuan dingin.

Berikut ini beberapa khasiat daun pandan untuk obat:

  • Untuk obat darah tinggi
    Cara mengolahnya: Rebus daun pandan dengan air putih dua gelas hingga tersisa sekitar segelas air, minum pagi dan sore hari secara teratur hingga tekanan darah normal kembali.
  • Penambah stamina
    Cara mengolahnya: Cuci bersih tiga lembar daun pandan lalu potong tipis, kemudian rebus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa kira-kira 2 gelas, apabila telah dingin minum airnya pagi dan sore.
  • Obat napsu makan alami
    Cara mengolah: siapkan 2 lembar daun pandan lalu di rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, anda bisa menambahkan madu/gula untuk perasa manis. Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
Itulah beberapa khasiat daun pandan yang kami ketahui, untuk khasiat pandan lainnya bisa juga sebagai obat untuk penyakit panas demam, sakit kepala, meringankan sakit pada dada, dan dapat menyegarkan nafas serta mengobati penyakit kulit lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail