Translate

Rabu, 08 November 2017

18 Manfaat dan Khasiat Kulit Kentang untuk Kesehatan

Kentang menjadi umbi yang banyak digemari. Olahan kentang sangat disukai, mulai dari kentang goreng (french fries) hingga kentang rebus atau kukus. Harga kentang pun cenderung stabil, kisaran Rp20.000 hingga Rp40.000 per kg. Olahan kentang goreng dijual dari mulai Rp6000-Rp30.000 untuk 1 porsinya, tergantung seberapa banyak dan belinya di mana. Sedangkan kentang rebus atau kukus dihargai Rp500 hingga Rp5000 untuk tiap butirnya. Tergantung beli di mana dan seberapa ukurannya. Makan kentang itu memang enak. Bikin kenyang tapi juga tidak bikin gemuk. Cocok untuk snacking. Tapi terkadang orang malas buat masak kentang sendiri. Lebih milih beli di restoran fastfood, cafe,  atau kedai-kedai kaki lima. Ini membuat penjualan olahan kentang memang menjanjikan dan selalu saja laris. Belum lagi ditambah dengan olahan kentang yang jadi crips-crips makanan ringan di minimarket.


Namun ada satu fakta menarik dari kentang. Bahwa umbi yang satu ini menyisakan limbah yang begitu besar. Limbah kentang ada pada pohonnya sendiri serta pada kulitnya. Yang akan dibahas sekarang adalah kulitnya. Pernahkah membayangkan berapa banyak limbah kulit kentang di dunia ini tiap harinya? Pastilah sangat banyak.
Padahal kulit kentang tidak bisa juga disebut limbah. Karena meskipun nampak tidak berguna bagaikan sampah belaka. Namun ternyata kulit kentang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat kulit kentang itu ada banyak sekali kalau ditinjau dari sisi kesehatan. Seperti tercantum di bawah ini:


1. Mencegah Hilangnya Pigmen Rambut

Seseorang akan kehilangan pigmen rambutnya secara wajar seiring berjalannya usia. Faktor kurangnya nutrisi pada rambut juga bisa membuat rambut jadi memutih. Pigmen pada rambut memang berperan penting membuat warna hitam pada rambut. Kalau rambut kehilangan pigmen ini sudah pasti jadi merh atau ubanan. Manfaat kulit kentang terkenal sangat ampuh dalam mencegah hilangnya pigmen rambut.

2. Menurunkan LDL

Manfaat kulit kentang ampuh untuk menurunkan LDL. Ini adalah kolesterol jahat yang kerap membuat seseorang kena sakit kolesterol. Lemak jahat LDL biasanya susah keluar dari tubuh. Salah satu cara mengusirnya adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak HDL. Seperti kentang ini. Sebaiknya kalau mau mengolah kentang pun direbus atau kukus saja. Jadi tidak ada minyak.

3. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang banyak menimpa orang. Ini adalah jenis diabetes pada tahap awal yang bisa berkembang serius bila tidak ditangani. Untuk itu seseorang mesti segera menanganinya. Selain dengan pengobatan medis, bisa pula dengan pengaturan pola makan sehat. Cobalah konsumsi kulit kentang ini.

4. Anti Kanker

Kulit kentang disinyalir bisa menjadi anti kanker. Penelitiannya masih dilanjutkan hingga hari ini. Memang di balik kulit yang biasanya dibuang ini, justru mengandung senyawa anti kanker. Yang amat baik untuk tubuh. Supaya terbebas dari kanker darah dan yang lainnya.

5. Kaya dengan Vitamin C

Ternyata, kulit kentang sangat kaya dengan Vitamin C. Ini tentu sangat baik untuk kesehatan. Karena vitamin C adalah vitamin utama yang sangat dibutuhkan tubuh. Agar imun terjaga selalu. Tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh kuat.

6. Mengandung Potassium

Memang beberapa jenis sayuran dan umbi-umbian mengandung potassium. Begitupun dengan kulit kentang ini. Kandungan potassiumnya cukup tinggi. Yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

7. Rendah Lemak

Jika sedang diet, terkadang bingung mau makan apa. Tapi jangan bingung-bingung lagi ya. Karena ternyata, manfaat kulit kentang yang rendah lemak ini cocok banget buat diet. Jadi kalau masak kentang mulai sekarang, sebaiknya cukup cuci bersih saja biar tanahnya hilang. Dan manfaatkan kulitnya juga.


8. Menjadi Sumber Kalori

Kulit kentang adalah sumber kalori yang kerap terabaikan dan terbuang. Ini karena kebanyakan pemanfaatan kentang hanya pada bagian dagingnya saja. Kulitnya akan dikupas dan dibuang begitu saja. Sungguh sayang sekali.

9. Mengatasi Stress

Manfaat kulit kentang rupanya bisa loh untuk mengatasi stress. Cocok banget untuk mereka yang ingin memiliki gairah hidup dan lepas dari masalah stress yang melandanya.

10. Membuat Bahagia

Khasiat kentang bisa memicu diproduksinya hormon rasa senang. Perasaan bahagia akan dialami manusia yang memiliki kadar endorfin yang cukup dalam tubuhnya. Nah, kulit dari kentang ini sangat ampuh mengeluarkan endorfin ini.
Itulah beberapa manfaat dari kulit kentang yang sebaiknya diketahui. Jangan lagi membuang dan menyia-nyiakan ya. Sudah saatnya kita semua sadar bahwa kulit ini memang amat berguna.

8 Manfaat Kulit Kentang yang Lainnya:

11. Menghaluskan Kulit Wajah
12. Membuat Tubuh Kuat
13. Mencegah Radang
14. Menangkal Racun dan Radikal Bebas
15. Melemaskan Otot yang Tegang
16. Mengandung Magnesium
17. Mengandung Zat Besi
18. Sumber Karbohidrat
Setelah membaca uraian di atas, pastilah kini ada rasa sayang untuk membuang kulit kentang. Maka manfaatkan sebaik-baiknya kulit dari umbi terlezat di dunia ini, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail