Translate

Kamis, 02 November 2017

Aneka Khasiat Daun Saga

Info tentang khasiat daun saga untuk kesehatan. Tanaman saga tumbuh liar dipekarang rumah rumah warga, meski tergolong tanaman liar ternyata daun dari tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan. Berikut kumpulan khasiat daun saga untuk kesehatan dan obat.

Khasiat daun saga untuk bayi

 Daun saga dapat berkhasiat sebagai pereda batuk pada bayi, khasiat daun saga juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tidak rewel.

Khasiat daun saga untuk batuk adalah sebagai obat herbal untuk batuk kering, cara membuat ramuannya sebagai berikut: Sediakan beberapa gram daun saga, daging buah pace yang mateng, dan daun po’o. Tumbuk hingga halus kemudian di rebus menggunakan 4 gelas air. Saring dan minum airnya.
Obat herbal daun saga bisa juga untuk mengobati sakit seperti amandel, cara mengolahnya sebagai berikut: itu kemudian di saringlalu diminum hingga habis.
Manfaat tanaman saga juga bisa diolah menjadi obat hipertensi atau darah tinggi. Untuk cara mengolah sebagai berikut: Siapkan beberapa genggam daun saga, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, dan daun kejibaling. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu disaring untuk diminum airnya.
Dalam berbagai tips khasiat daun saga menyebutkan bahwa daun saga harus dijauhkan dari bijinya karena biji saga mengandung zat racun yang disebut abrin, sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk pembibitan.
Utamanya khasiat daun saga adalah sebagai obat sariawan yang sangat ampuh, kandungan vitamin C yang tinggi serta rasa daunnya yang agak manis membuatnya gampang dikunyah-kunyah sebagai obat sariwan herbal/alami. Tapi sebelum dikunyah harap daun saganya dicuci bersih dahulu untuk membuang kotoran dan ulat yang ada.

Khasiat daun saga untuk jantung

Sebagai obat herbal, daun saga juga aman untuk meredakan jantung berdebar kencang. Khasiat daun saga untuk jantung berdebar dan keringat dingin  bisa diperoleh dengan cara mengolahnya sebagai berikut: Sediakan 8 gram daun saga manis dan 10 gram daun sembung. Tambahkan 5 gram kencur lalu rebus dengan 400 ml air. Lalu minum air rebusan tersebut.
Itulah beberapa artikel khasiat daun saga baik untuk kesehatan dan sebagai obat penyakit. Semoga dapat menjadi manfaat untuk pembaca setia khasiat buah dan sayur.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail