Translate

Jumat, 10 November 2017

7 Manfaat dan Khasiat Bunga Bintang untuk Kesehatan

Bunga bintang merupakan bunga yang mempunyai banyak khasiat untuk mengobati jenis penyakit terutama penyakit pada mata. Kandungan yang terdapat pada bunga ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan mata katarak, rabun, ataupun infeksi. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan bunga ini sebagai obat tetes mata alami. Selain dimanfaatkan untuk pengobatan bunga ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias, dengan bentuknya yang indah dan bunganya yang berwarna putih banyak masyarakat yang tertarik untuk menanamnya atau menjadikannya sebagai hiasan dirumah.
Sebutan sebagai bunga bintang karena jumlah kelopaknya lima sehingga menyerupai seperti bentuk bintang. Di dalam bunga ini mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan di antaranya mengandung saponin, alkaloid, polifenol, lobelin dan isotonim. Bunga yang memiliki nama ilmiah Isotoma longiflora ini dapat ditemukan di dataran rendah sekitar 1000 mdpl. Cukup mudah untuk ditemui dan tumbuh liar di tempat lembab seperti pinggir sungai, sawah, sekitar danau bahkan selokan. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat bunga bintang ini, berikut inilah manfaatnya.







1. Meringankan gejala katarak pada mata

Manfaat bunga bintang  yang pertama bisa membantu meringankan penyakit penglihatan yang kabur akibat katarak. Salah satu penyebab katarak bisa dipengaruhi oleh seiring bertambahnya usia yang semakin tua. Inilah yang memungkinkan lensa mata yang tadinya bening, berubah menjadi keruh. Caranya dengan meteskan bunga ini ke mata yang mengalami katarak.

2. Menghilangkan nyeri dan juga perih pada mata

Salah satu kondisi yang sering memicu mata perih adalah kondisi mata yang kering dan tak berair. Tentu, hal ini sangat mengganggu dan membuat anda tidak nyaman. Bunga ini sangat berkhasiat sebagai rasa penghilang nyeri dan perih pada mata. Untuk itu jika anda ingin sembuh dari nyeri dan juga perih mata anda bisa mengkonsumsinya sebagai obat tetes mata alami.

3. Mengatasi infeksi mata

Selain bermanfaat meringankan katarak bunga ini juga mempunyai manfaat untuk mengatasi penyakit infeksi pada mata. Penyakit ini biasanya ditandai dengan mata merah dan juga bengkak. Untuk mencegahnya maka dapat dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai obat mata, dengan merendam bunga bintang dalam air bersih selama beberapa menit, lalu teteskan air dari ujung tangkai bunganya ke mata anda sebanyak 2-3 tetes.

4. Antibiotik luka

Bunga bintang juga sangat ampuh dan dipercaya sebagai obat antibiotik. Penggunaan antibiotik sangatlah penting untuk mengobati luka dan mencegah terjadinya infeksi. Maka dari itu, jika anda mengalami luka akibat cedera cukup dengan tumbuk halus bunga ini lalu balurkan pada luka dan sekitarnya. Cara ini tidak dianjurkan untuk luka berat seperti luka sobek yang terlalu dalam karena dapat menyebabkan infeksi.

5. Menyembuhkan asma dan radang tenggorokan

Bunga bintang ini juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit sesak napas dan radangan tenggorokan. Bagi anda yang mempunyai keluhan tentang penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan merebus bunga ini yang bersih, setelah itu airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal..

6. Menghilangkan kanker

Sebagain besar orang menganggap penyakit kanker adalah penyebab kematian terbesar. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan bunga ini dengan cara merebusnya. Kandungan dalam bunga ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan penyakit kanker sehingga anda akan terhindar dari resiko kematian akibat penyakit kanker.

7. Menyembuhkan sakit gigi

Sakit gigi bisa disebabkan karena tidak memperhatikan kondisi kesehatan gigi atau sering makan-makanan manis pada malam hari. Cara yang mudah dilakukan untuk menyembuhkannya yaitu dengan memanfaatkan bunga ini, tumbuk 2 lembar bunga ini hingga halus, dan letakkan ke dalam gigi yang sakit atau berlubang. Cara ini hanya sebagai penghilang rasa sakit saja. Tentu, untuk anda yang ingin mengobati atau menyembuhkan sakit gigi, bisa untuk menggunakan cara ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail