Translate

Rabu, 08 November 2017

5 Manfaat dan Khasiat Kulit Jambu Bol untuk Kesehatan

Jambu bol yang juga dikenal dengan nama jambu kepal atau jambu merah merupakan tanaman buah yang masuk ke dalam suku jambu-jambuan. Secara fisik, kulit jambu bol nampak merah dan menyerupai jambu air. Hanya saja, serat yang ada pada jambu jenis ini lebih padat serta daging buahnya lebih lembut.
Jambu bol bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan nama-nama seperti , jambu jambak (daerah minang), nyambu bol (daerah bali), jambu bolo ( daerah Makassar), rutuul (daerah maluku),  jambu bolu (daerah bugis), jambu bool (daerah sunda), jambu darsana, jambu dersana, jambu tersana (daerah jawa dan daerah Madura), kupa maaimu (daerah Sulawesi utara), nutune, lutu kau, dan masih banyak di daerah lain. Sedangkan dalam bahasa inggris buah ini dikenal dengan nama malay apple.
Jambu yang merupakan salah satu buah lokal Indonesia ini memiliki berbagai kandungan seperti vitamin C, vitamin A, air, serat, thiamin, karbohidrat, kalsium, riboflavin, dan masih banyak lagi kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Karena kandungannya hampir sama dengan jambu air lain, sehingga manfaat dan khasiat yang kita dapat jika mengkonsumsi buah ini hampir sama dengan jambu air lainnya.







Jambu bol memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan seperti pada buahnya yang dapat digunakan untuk menyehatkan kulit, menyehatkan mata, melancarkan pencernaan, memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan demam, mencegah diabetes, mengobati disentri, dan masih banyak yang lain. Daunnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk menjaga kesegaran kulit dan mengobati infeksi pada mulut. Akarnya dapat digunakan untuk mengobati disentri dan mengobati bengkak karena sifatnya yang diuretic.
Tidak hanya buah, daun, dan akarnya saja yang berkhasiat untuk kesehatan, kulit Jambu Bol juga memiliki beberapa khasiat. Adapun khasiat kulit batang jambu bol tersebut antara lain :

1. Mengobati sariawan

Manfaat kulit jambu bol yang pertama adalah untuk mengobati sariawan atau peradangan yang terjadi pada mukosa (pipi bagian dalam) dari mulut. Sariawan ditandai dengan munculnya bercak putih kekuningan. Penyakit ini biasanya terjadi di daerah dinding mulut, selaput lendir pipi bagian dalam, lidah, atau gusi. Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya akan tetapi cukup mengganggu karena membuat kita tidak bisa makan, berbicara, bahkan membuka mulut untuk kasus yang sudah parah. Sariawan biasanya diobati dengan obat sariawan atau buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan sariawan adalah menggunakan kulit batang jambu bol. Caranya cukup mudah, ambil beberapa kulit lalu seduh dengan air panas. Gunakan air seduhan tersebut untuk mengobati sariawan dengan meminumnya secara teratur.

2. Mengobati sakit perut dan gangguan pencernaan lain

Sakit perut dapat terjadi karena berbagai hal. Namun, seringkali disebabkan karena makanan yang dikonsumsi kurang higienis. Jika Anda mengalami sakit perut akibat salah makan, mengkonsumsi kulit jambu bol mungkin bisa menjadi solusianya. Caranya, tinggal seduh kulit batang jambu bol lalu minum selagi hangat.

3. Mengobati infeksi pada tenggorokan

Selain dapat menyembuhkan sakit perut, ekstrak kulit jambu bol dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada tenggorokan. Infeksi pada tenggorokan dapat terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Infeksi tenggorokan jika tidak segera diatasi akan sangat mengganggu, tidak ada salahnya mencoba ekstrak dari kulit ini untuk mengobati tenggorokan anda yang sakit.

4. Mengobati gatal-gatal

Gatal memang bukan penyakit yang serius akan tetapi cukup mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Gatal bisa terjadi karena alergi pada makanan atau alergi pada hal lain, juga bisa terjadi karena gangguan binatang misalnya nyamuk dan ulat. Biasanya kita mengatasi gatal hanya dengan mengoleskan minyak kayu putih atau bedak tabur saja, akan tetapi terkadang hal tersebut tidak selalu berhasil. Alternatif lain untuk mengatasi gatal pada tubuh adalah dengan menggunakan kulit jambu bol. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan kulit hingga menjadi bubuk yang lembut, kemudian oleskan pada area yang gatal. Lakukan hal tersebut hingga gatal-gatal yang anda alami sembuh.

5. Menambah nafsu makan anak

Manfaat kulit jambu bol yang terakhir adalah menambah nafsu makan anak. Caranya sangat mudah, pilih kulit jambu bol yang masih muda lalu cuci hingga bersih, rebus dengan air hingga mendidih. Air hasil rebusan dari kulit batang ini tambahkan sedikit gula agar tidak pekat, kemudian berikan kepada bayi anda. Nafsu makan bayi anda akan meningkat dan membuat anda tidak khawatir lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail