Translate

Minggu, 19 November 2017

21 Manfaat dan Khasiat Daging Belalang Untuk Kesehatan

Daging belalang merupakan salah satu sumber protein terbaik. Kandungan protein dalam hewan yang sering dianggap sebagai hama pertanian ini tak kalah jika dibandingkan protein dalam udang dan ikan. Tak hanya itu, rasa serangga ini juga terbilang lezat. Hanya dengan dipanggang atau digoreng tanpa bumbu, belalang sudah memiliki rasa yang gurih. Dagingnya juga memiliki tekstur lembut seperti udang. Namun, bagian luarnya akan terasa renyah dan gurih ketika digigit.
Daging belalang yang masih segar mengandung sekitar 20% dari total berat tubuhnya. Sedangkan, belalang yang sudah kering mengandung protein dalam jumlah lebih besar, yaitu sekitar 40%. Selain mengandung protein, daging belalang ternyata juga mengandung sekitar 25 hingga 30 % vitamin A. Selebihnya, kandungan di dalamnya adalah kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc mangan dan aneka vitamin seperti vitamim B, B1, B2, B6, E dan E.








Dengan kandungan yang sangat lengkap, tak heran jika daging belalang memiliki aneka khasiat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat daging belalang tersebut antara lain :

1. Menurunkan kolesterol

Peter Bickerton adalah orang yang pernah membuktikan khasiat daging belalang untuk menurunkan kolesterol. Peter sekeluarga didiagnosa memiliki riwayat kolesterol tinggi. Akhirnya Peter memilih mengkonsumsi serangga, termasuk belalang sebagai solusinya. Usaha yang dilakukan Peter ini ternyata didukung oleh WHO. Hal ini dikarenakan daging belalang mengandung protein tinggi namun rendah mineral dan kolesterol.

2. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi daging belalang dapat mencegah efek buruk radikal bebas. Karenanya, mengkonsumsi serangga jenis ini juga dapat menguatkan sistem imun. Dengan bertambah kuatnya sistem imun, maka mengkonsumsi daging belalang juga mampu menghindarkan tubuh dari aneka penyakit.

3. Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Kulit belalang mengandung tinggi kalsium. Kalsium inilah membantu menjaga kepadatan gigi dan tulang serta sangat baik untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil. Tak hanya itu, mengonsumsi belalang juga sangat dianjurkan untuk seseorang yang sedang dalam masa penyembuhan patah tulang. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang secara teratur, belalang juga akan mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Mencegah tejadinya anemia

Mengkonksumsi daging belalang akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jika sel darah merah diproduksi dalam jumlah cukup, maka tubuh akan terhindar dari bahaya anemia.

5. Mengobati ambien atau wasir

Ambien merupakan gangguan yang terjadi di sekitar anus. Ambien akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat duduk, sakit saat BAB atau bahkan menyebabkan perdarahan. Namun, siapa sangka jika penyakit ambien atau wasir dapat diobati hanya dengan memanfaatkan daging belalang. Adalah Buku Pintar Kedokteran Nabi karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang memaparkan bahwa belalang bisa dijadikan sebagai obat ambien yang mujarab.

6. Mengobati luka sengatan kalajengking

Selain dapat mengobati ambien, Buku Pintar Kedokteran Nabi karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah juga menjelaskan bahwa belalang dapat digunakan untuk mengobati luka akibat gigitan serangga, khususnya kalajengking.

7. Meregenerasi sel rusak

Kandungan protein dan vitamin di dalam daging belalang sangat berguna untuk membangun kembali sel tubuh yang rusak. Protein akan membantu tubuh meregenerasi otot yang rusak akibat aktivitas berat dan juga menambah masa otot sehingga tubuh lebih kelihatan berisi.

8. Meningkatkan kecerdasan otak

Mengkonsumsi daging belalang sudah terbukti mampu membuat otak lebih fokus sehingga mampu meningkatkan konsentrasi, kecerdasan serta daya ingat.

9. Menunda penuaan dini

Mengkonsumsi daging belalang dapat menunda penuaan dini karena dapat membuat kulit tetap elastis. Tak hanya itu, daging serangga pemakan daun ini juga terbukti mampu menyamarkan garis halus dan keriput pada wajah.

10. Baik untuk perkembangan janin

Daging belalang mengandung protein yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Tak hanya itu, daging hewan ini juga memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat baik untuk pemenuhan gizi ibu hamil dan janin.

11 Manfaat Daging Belalang Lainnya :

11. Melancarkan sistem pencernaan
12. Mencegah kerontokan rambut
13. Mencegah dimensia
14. Menjaga stamina
15. Menjaga kesehatan mata
16. Melancarkan peredaran darah
17. Menjaga kesehtan kulit
18. Memperlancar buang air kecil
19. Sumber energi
20. Mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi)
21. Menyehatkan sistem syaraf

Demikianlah manfaat dan khasiat belalang bagi kesehatan manusia. Melihat khasiat daging belalang yang begitu banyak, sangat wajar jika islam memberikan pengecualian pada hewan satu ini. Islam menghalalkan belalang meski dimasak dalam kondisi mati sekalipun. Dengan manfaat yang sedemikian banyak, sebenarnya daging belalang hampir tak memiliki efek samping. Satunya-satunya efek samping yang mungkin terjadi adalah adanya larva cacing yang bersarang di kepala belalang. Namun, efek ini dapat diminimalisir dengan mencuci dahulu belalang hingga bersih sebelum mengolahnya. Satu lagi yang harus Anda perhatikan adalah jenis belalang yang dikonsumsi. Disarankan agar Anda tidak mengkonsumsi belalang sentadu atau belalang sembah atau bisa disebut juga sebagai walang kadung . Hal ini dikarenakan belalang jenis ini sering dimanfaatkan sebagai inang oleh cacing pita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail