Translate

Rabu, 08 November 2017

25 Manfaat dan Khasiat Gude untuk Kesehatan

Gude adalah jenis sayuran berbentuk kacang polong. Daunnya warna hijau tua berbentuk jari-jari agak besar dan runcing. Polongnya warna hijau tua pula dan umumnya memiliki sekat biji sebanyak 4-5. Tanaman ini memiliki nama spesies Cajanus Cajan. Bisa dikembangbiakkan secara generatif melalui penyemaian biji. Tidak banyak orang yang tahu apa itu Gude. Karena pada dasarnya masing-masing daerah di Indonesia memiliki penyebutan tersendiri soal tanaman ini. Namun julukan yang paling terkenal sepertinya adalah Kacang Hiris. Yang merujuk pada biji-biji dari Gude. Padahal bukan hanya bijinya yang bisa dimanfaatkan. Polongnya yang masih muda juga enak sekali buat disayur. Tidak kalah enaknya dari Kapri.


Di bawah ini adalah penyebutan Gude di masing-masing daerah di Indonesia:
  • Indonesia: Kacang Kayo
  • Jawa: Gude
  • Sunda: Hiris
  • Melayu: Kacang Bali
  • Bali: Undis
  • Batak: Ritik Lias
  • Makassar: Binatung
  • Wakatobi: Koloure
  • Bugis: Kance
  • Halmahera: Lebui
  • Ternate-Tidore: Fouhate
  • Pulau Rote: Tulis
  • Timor: Tunis
Melihat data di atas dapat diketahui bahwa tanaman Gude ini memang ternyata menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Pemanfaatannya pun banyak, mulai dari bijinya akan dijadikan kacang. Polongnya untuk sayur. Dan tanamannya bisa dijadikan perimbun di kebun.
Sebagaimana jenis sayuran berpolong atau kacang-kacangan polong lainnya. Gude pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat Gude untuk kesehatan yang paling utama adalah sebagai sumber protein. Sedangkan manfaat lainnya dapat terlihat pada uraian di bawah ini:

1. Membantu Pembentukan Membran Sel

Sayur Gude yang kaya dengan protein ampuh untuk membantu pembentukan membran sel. Perlu diketahui bahwa sel-sel tubuh manusia terbentuk karena adanya protein. Jika tubuh kekurangan protein, maka sel akan lambat regenerasinya. Ini terlihat pada orang yang suka melakukan body building untuk membentuk ototnya. Pasti mereka jadi banyak konsumsi makanan berprotein. Supaya sel-sel otot jadi besar dan mau tumbuh terus, meski usia tidak lagi muda.

2. Menghilangkan Bekas Luka dengan Cepat

Bekas luka terkadang muncul akibat kulit mengalami hiperpigmentasi. Ini membuat kulit nampak lebih gelap dari sebelumnya. Bahkan bisa pula menciptakan jaringan parut yang menonjol, yang disebut sebagai keloid. Untuk menghilangkannya sungguh susah. Makanya perlu dilakukan treatment khusus. Misalnya dengan mencoba manfaat Gude ini yang kaya protein. Baik sekali buat membantu penyembuhan luka. Agar tidak berbekas hitam dan keloid.

3. Menambah Stamina

Stamina haruslah selalu terjaga kuat. Orang yang punya stamina kuat akan memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik. Karena mau melakukan segala aktivitas berasa enak dan enerjik. Untuk mendapatkan stamina yang bagus ini, cobalah Khasiat Gude yang sangat ampuh ini.

4. Mengandung Asam Amino Essensial

Asam Amino adalah salah satu protein utama penyusun tubuh manusia. Terdapat 2 jenis asam amino, yaitu essensial dan non essensial. Kalau yang essensial banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti Gude ini.

5. Terdapat Kandungan Omega 3

Banyak jenis sayuran dari sayuran biji berpolong mengandung Omega 3. Asam lemak yang kompleks ini baik sekali untuk menunjang kesehatan sistem syaraf pusat. Ketika syaraf-syaraf otak bekerja dengan baik. Maka tubuh pun akan demikian baiknya. Tidak mudah sakit.

6. Menghilangkan Stress

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki cukup waktu untuk “mengemil” akan tahan dalam kondisi stress. Dan mampu mengendalikan stress itu. Bahkan jika saja pilihan makanan untuk snacking ini baik, seperti Gude ini. Maka stress bisa bilang.

7. Mengandung Asam Folat

Manfaat Gude mengandung asam folat. Ini adalah salah satu komponen dari Vitamin B Kompleks yang berfungsi penting dalam rantai DNA, terutama untuk memproduksi sel darah merah. Asam Folat lebih dikenal sebagai vitamin B9, memang banyak ditemukan dalam sayuran yang warna hijau.

8. Mencegah Kontipasi

Kontipasi adalah gangguan yang kerap menimpa manusia. Tidak memandang usia pasti pernah mengalaminya. Ini adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa nyeri di perut dan kadang disertai dengan sembelit yang susah sekali sembuh. Kini tak usah lagi bingung bagaimana menyembuhkan Kontipasi. Karena ternyata bisa cepat sembuh hanya dengan makan Gude.

9. Mengatasi Gatal-Gatal

Manfaat Gude baik sekali untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Caranya dengan merebus polong Gude dan memakannya langsung. Namun harus rutin memakan sayuran polong ini. Kalau bisa tiap hari hingga benar-benar sembuh gatalnya.

10. Mencegah Reflux Asam Lambung

Penyakit Reflux Asam Lambung atau dikenal dengan GERD memang susah sembuhnya. Bahkan tidak akan sembuh selama penderitanya sering makan makanan yang berbahaya. Nah, untuk para penderita GERD dianjurkan untuk coba terapi lambung dan sistem pencernaannya dengan sayur Gude ini.
Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat Gude untuk kesehatan. Sayuran polong ini memang baik sekali dimasukkan ke daftar menu makan sehari-hari. Jangan ragu lagi buat mengolah Gude sebagai tumisan, sup atau rebusan. Apalagi masih banyak manfaat lainnya seperti:


15 Manfaat dan Khasiat Gude yang Lainnya;

11. Menambah Massa Otot
12. Kaya dengan Serat
13. Mencegah Kanker
14. Menaikkan Ketajaman Penglihatan
15. Mengandung Vitamin B Kompleks
16. Terdapat Vitamin C
17. Mengatasi Gangguan Suasana Hati
18. Mengobati Insomnia
19. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
20. Memperbaiki Sistem Imun
21. Menguatkan Tulang dan Gigi
22. Meningkatkan Kecerdasan
23. Menurunkan Gula Darah
24. Mengandung Provitamin A
25. Cocok untuk Diet
Di balik sayuran Gude yang berpolong hijau tua ini, memang mengandung segelintir kecil dari manfaat tanaman sayur yang bisa diambil oleh manusia. Namun dari segelintir kecil itu, kalau rutin dimakan, pastilah akan berfaedah untuk tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail