Translate

Rabu, 08 November 2017

8 Manfaat dan Khasiat Kulit Pohon Gowok untuk Kesehatan

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal tanaman gowok. Gowok termasuk tanaman langka yang masuk ke dalam suku jambu-jambuan. Pohon gowok tak terlalu besar dan hampir menyerupai pohon jambu, hanya saja warna kulit pohon gowok lebih memiliki warna abu-abu cenderung putih.
Gowok memiliki buah berwarna hitam mirip dengan buah jamblang. Hanya saja, bentuk buahnya lebih bulat dan sedikit pipih. Daging buahnya memiliki warna putih sedikit merah muda. Biji buahnya kecil dan memiliki rasa pahit. Sedangkan buahnya memiliki rasa masam namun segar ketika diolah menjadi rujak.
Tanaman gowok merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak ditemukan di pulau Jawa dan pulau Kalimantan. Nama lain dari buah ini adalah kupa atau kepa sedangkan nama di daerah lain seperti gowok (daerah Betawi), kupa, kupa beunyeur (daerah Sunda), gowok, dompyong (daerah Jawa), pasui (daerah Bugis/Makassar), dan kaliasem (daerah Bali).







Buah yang sudah jarang di temukan di Negara asalnya ini ternyata cukup populer di Filipina, di Filipina dengan nama latin Syzygium polycephalum. Buah gowok sudah langka di pasaran karena memang sudah banyak buah-buahan lokal yang bernilai lebih ekonomis sehingga buah ini mulai jarang dilirik oleh penggemar dan penikmat buah-buahan.
Kendati kurang memiliki nilai ekonomis, buah gowok ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Buah yang satu ini sangat ampuh ntuk menyembuhkan mabuk karena alkohol, mengobati kencing manis, dan mengobati maag. Daunnya berguna untuk menghilangkan gatal-gatal dan mengobati diare.
Selain buah dan daunnya, kulit pohon gowok juga memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Khasiat tersebut tak lepas dari kandungan saponin, flavonoida, dan polifenol di dalamnya.
Dengan berbagai kandungan yang menyehatkan, tak heran jika kulit pohon gowok dipercaya mampu mengobati diare, kudis, gatal dan aneka penyakit lainnya. Untuk mengetahui lebih rinci tentang manfaat kulit pohon gowok, perhatikan ulasan berikut ini.

1. Mengobati diare

Diare termasuk penyakit yang sering kita alami selain flu dan batuk. Diare cukup mengganggu aktifitas karena kita harus bolak balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Gejala yang dialami penderita jika terkena penyakit ini adalah encernya feses yang dikeluarkan ketika buang air besar, frekuensi buang air besar lebih sering daripada biasanya, dan kadang juga penderita akan mengalami mulas atau sakit perut. Diare biasanya terjadi karena makanan yang dikonsumsi kurang bersih sehingga bakteri, virus, atau parasit yang ada dalam makanan masuk ke dalam tubuh.
Jika Anda mengalami diare, cukup ambil beberapa kulit pohon gowok kemudian cuci hingga bersih, setelah itu rebus selama kurang lebih 15 menit ke dalam satu gelas air. Minum air hasil rebusan ini secara rutin dan teratur hingga diare mulai reda.

2. Mengobati kudis

Kudis merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit, penyakit ini termasuk kedalam penyakit menular. Penyebabnya adalah masuknya tungau sarcoptes scabiei ke dalam lapisan kulit epidermis sehingga akan terasa gatal pada bagian tersebut. Kudis biasanya diatasi dengan pemberian obat oles atau krim. Untuk alternatif lain kudis dapat diatasi dengan kulit pohon gowok. Caranya, ambil beberapa kulit tanaman ini kemudian cuci hingga bersih terlebih dahulu, setelah itu oleskan pada bagian kulit yang mengalami gatal-gatal atau kudis, lakukan hingga kudis anda hilang.

3. Mengobati gatal

Selain dapat mengobati kudis cara tersebut juga dapat mengobati gatal-gatal karena alergi atau gigitan serangga. Biasanya kita hanya memberikan minyak kayu putih atau bedak ketika mengalami gatal, tapi cara tersebut tidak selalu berhasil. Alternatif lain untuk menghilangkan rasa gatal adalah dengan menggunakan kulit pohon gowok. Caranya sama dengan untuk mengobati kudis yaitu dengan mengoleskan kulit yang sudah bersih pada daerah gatal, lakukan hal tersebut hingga gatal-gatal anda sembuh.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan polifenol dalam kulit pohon gowok dapat berfungsi untuk melawan radikal bebas. Dengan demikian, mengkonsumsi air rebusan pepagan gowok juga dapat menyehatkan sel.

5. Mencegah Penuaan Dini

Efek polifenol yang ada pada batang pohon gowok juga dapat memperlambat penuaan dini. Hal ini dikarenakan sifat anti radikal bebas akan membantu tubuh mempertahankan elastisitas dan memperbaiki regenerasi sel.

6. Menyehatkan jantung

Banyak yang tak mengetahui jika polifenol yang ada adalah kulit pohon gowok juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan polifenol memiliki efek mempelancar peredaran darah sehingga mencegah penyakit jantung serta penyakit kardiovaskular.

7. Anti Kanker

Selain polifenol, kandungan saponin dalam kulit pohon gowok juga tak kalah menyehatkan. Saponin dapat berperan sebagai anti kanker tanpa mempengaruhi kondisi sel sehat. Hampir semua jenis kanker dapat dicegah dan diobati dengan saponin, terutama kanker usus besar.

8. Mencegah Kegemukan

Kandungan saponin dalam kulit pohon gowok juga berperan penting dalam sintesa lemak. Oleh karenanya, rebusan pegagan gowok juga sangat berguna bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan mengurangi lipatan lemak.


Selain khasiat untuk kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas, kulit pohon gowok biasanya juga digunakan sebagai bahan penyamak kulit. Penyamakan kulit merupakan proses pengolahan untuk membuat kulit mentah hides atau skines menjadi tersamak atau leather. Penyamakan bertujuan untuk membuat kulit yang awalnya mudah rusak oleh pengaruh fisika, kimia, mauapun biologis menjadi kulit yang lebih stabil terhadap pengaruh-pengaruh tersebut.
Tidak hanya kulit pohon gowok saja yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan, masih banyak kulit lain yang memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sayang untuk anda lewatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ismail Marzuki | Partners Mitra Mail | Sahabat Mail